My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Selasa, 23 Maret 2010

Meng-Copy Website dengan WebHTTrack

Jika anda ingin meng-copy seluruh isi suatu website secara sama persis ? Coba anda manfaatkan WebHTTrack pada Ubuntu anda .

1. Saat browsing suatu website yang ada di internet, misalnya situs yang berisi lirik lagu favorit kita . Terkadang kita ingin meng-copy seluruh lirik tsb agar dapat di baca pada saat offline. Untuk dapat melakukan hal ini di desktop Linux , anda dapat menggunakan WebHTTrack.

2. Sebelum digunakan, install WebHTTrack terlebih dahulu. Untuk menginstalnya, jalankan perintah di bawah ini dari TERMINAL .

$ sudo apt-get install httrack httrack-doc webhttrack

3. Setelah proses instalasi selesai. Anda dapat langsung menjalankan WebHTTrack dengan mengetik perintah dari Terminal seperti berikut :

$ webhttrack

4.Tak lama setelah mengetik perintah diatas. Maka akan terbuka halaman web browser yang menampilkan halaman utama WebHTTrack . Pilih bahasa yang anda inginkan lalu klik next.

5. Pada halaman Pengisian Project name , isi New Project name dengan nama proyek yang anda inginkan dan Project Category dengan kategori proyek yang anda inginkan juga. Tentukan letak direktory/path tempat penyimpanan seluruh isi file website yang ingin anda copy.

6.Pada halaman Select URLs. Masukkan alamat website yang ingin anda copy halaman website-nya . Misalnya http://rabiacanceria.co.cc Maka anda cukup mengisikan url tersebut pada halaman web address : ( URL ).

7.Jika anda ingin pembatasan file situs yang ingin di download maka anda dapat mengklik tombol " Set Option " . Setelah selesai klik OK dan klik NEXT.

8.Pada halaman start , Anda dapat langsung mengklik Start untuk melanjutkan atau menyimpan settingan saja dan tidak melanjutkan proses download. Namun untuk latihan klik Start untuk memulai proses download.

9. Proses peng-copy-an seluruh isi website segera dimulai. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

10. Setelah proses peng-copy-an selesai anda dapat mengklik Browse Mirrored website untuk dapat langsung mengakses halaman website yang telah dicopy.

11. Kini anda dapat menikmati halaman website yang telah di copy ke local harddisk tanya harus terkoneksi ke internet.

0 comments:

Posting Komentar